Langkah Mudah Mendaftar Bantuan Sosial 2022 Melalui Aplikasi Cek Bansos Terbaru

Merasa tidak terdaftar dana bansos dari kementerian meskipun memenuhi syarat. Ada beberapa cara untuk mendaftar ke Kementerian Sosial dengan menggunakan aplikasi resmi Dana Sosial.

Lihat pendaftaran perawatan sosial Anda di sini dan daftar periksa perawatan sosial Anda.

Beberapa waktu lalu, pemerintah kabupaten memberikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak wabah Covid-19.

Mengambil kutipan dari akun Instagram resmi miliknya Kemensos, ada alur lengkapnya di sini. Buruan karena kuota terbatas inilah Cara Mendaftar Bansos 2022.

  1. Pertama-tama, unduh aplikasinya di bawah ini:
    Lihat disini: Aplikasi Bansos 2022
  2. Pendaftaran, pembuatan nomor KK, NIK dengan e-KTP dan pembuatan KTP pada saat pendaftaran.
  3. Lengkapi segala informasi yang diperlukan dengan benar serta lengkap kemudian akan anda dapatkan akun di dalam aplikasi ini.
  4. Pilih Daftar, pilih Daftar Daftar Saran, dan Tambah Tampilan. Anda bisa mendaftarkan diri Anda, keluarga Anda atau bahkan orang lain yang terbukti tidak masuk dalam daftar pengguna bansos.
  5. Data berhasil, dan ketika berhasil dikirim, informasi yang ditampilkan adalah status kompatibilitas NIK dan dokumen resmi lainya. dan Anda akan suguhkan informasi kompatibilitas regional dengan pemohon kartu keluarga.

Pastikan semua data yang dimasukkan pada kolom kosong yang telah tersedia sudah benar dan sesuai dengan data KTP, nomor NIK, nomor KK dan berkas resmi. Ini untuk menyederhanakan proses pendaftaran dan mengirim penerima yang tidak terdaftar.

Untuk Memimalisir Penerima yang Bukan Hak-nya

Pembaruan fitur pada aplikasi Cek Bansos Kemensos sendiri sebenarnya bertujuan untuk mengesampingkan kesalahan data.

  • Pertama, kesalahan luar biasa, yaitu orang yang berhak membantu tetapi tidak terdaftar oleh pemerintah.
  • Kedua, kesalahan inklusi, yaitu orang yang tidak berhak atas manfaat tetapi terdaftar sebagai penerima dana bansos. Kementerian Sosial diharapkan terlibat penuh dalam pemutakhiran informasi ini untuk mencapai bansos tepat sasaran.

Selain itu, terdapat fitur baru pada aplikasi Cek Bansos yaitu fitur Suggest Rejection. Menurut kemensos.go.id, Mensos Resma mengatakan bahwa Kementerian Sosial telah mengaktifkan fitur “saran” dan “disclaimer” di aplikasi Cek Bansos .

Perilaku ini dapat sangat membantu bagi mereka yang merasa memiliki hak untuk membantu tetapi belum menerima perilaku yang ‘disarankan’. Atau jika Anda mengetahui seseorang tidak memenuhi syarat tetapi menggunakan fitur Opt-Out (penolakan) untuk mendapatkan bantuan sosial.