Kuliah Gratis, Mau? Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Baru di Luncurkannya Program KIP Kuliah 2021 dibuka untuk perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS). Para Mahasiswa akan dibebaskan biaya pendaftaran seleksi masuk PT, pembebasan biaya kuliah, dan memperoleh bantuan biaya hidup sesuai masa studi normal untuk setiap jenjang.


Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Abdul Kahar menyampaikan, kehadiran KIP Kuliah merupakan komitmen bagi pemerintah untuk memberikan kesempatan yang sama bagi putra putri bangsa untuk mengenyam pendidikan tinggi.

“Pemerintah ingin memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat kita terutama dari kalangan keluarga kurang mampu sehingga betul-betul bisa ikut berpartisipasi dan menikmati pendidikan di berbagai level perguruan tinggi,” ujar Abdul dalam acara Silaturahmi Merdeka Belajar Episode 12 dengan tema “KIP Kuliah Merdeka: Pendidikan Tinggi untuk Semua”, Kamis (21/10/2021).

Pada tahun ini, pemerintah telah melakukan penyesuaian program KIP Kuliah dengan melihat kebutuhan mahasiswa.

“Kita sudah melakukan penyesuaian-penyesuaian harga, termasuk tuition feenya kita upgrade. Demikian juga biaya hidupnya. Sehingga orang tua pun yang ditinggal tidak ragu lagi melepas anaknya karena sudah dijamin oleh pemerintah,” ujar Abdul.

Read More:  Viral, Stiker Add Yours di Instagram Stories

Melansir kip-kuliah.kemdikbud.go.id, penerima program KIP Kuliah akan memperoleh bantuan biaya hidup sebesar Rp. 700rb/bulan yang dibayarkan setiap semester, sesuai masa studi normal.

Mahasiswa jenjang S1 akan menerima biaya hidup selama studi maksimal Rp. 33.6 juta selama 8 semester, mahasiswa D3 maksimal 6 semester dengan total selama studi maksimal Rp. 25.2 juta, mahasiswa D2 maksimal 4 semester dengan total selama studi maksimal Rp. 16.8 juta. dan jenjang D1 maksimal 2 semester dengan total selama studi maksimal Rp. 8.4 juta.

Bagi mahasiswa dengan program studi yang harus mengikuti Program Profesi juga akan menerima pembebasan biaya kuliah dan bantuan biaya hidup. Profesi Dokter, Dokter Gigi dan Dokter Hewan akan menerima bantuan biaya hidup maksimal 4 semester dengan total selama studi maksimal Rp. 16.8 juta.

Sedangkan untuk Profesi Ners, Apoteker dan Guru akan menerima bantuan biaya hidup maksimal 2 semester dengan total selama studi maksimal Rp. 8.4 juta.

Syarat Pendaftaran KIP Kuliah

  1. Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang lulus atau akan lulus pada tahun berjalan atau telah dinyatakan lulus maksimal 2 tahun sebelumnya, serta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid;
  2. Memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;
  3. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP;
  4. Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera;
  5. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.
Read More:  "Anti Galau" Investasi Saham Online Untuk Pemula Agar Selalu Profit

Cara Pendaftaran KIP Kuliah

  1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di web Sistem KIP Kuliah pada laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id.
  2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif.
  3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah. NIK digunakan untuk memperoleh informasi tentang sosial ekonomi di Data Terpadu Kesenjangan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. Siswa yang tidak/belum terdaftar di DTKS harus melengkapi data ekonomi dan aset.
  4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan;
  5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri);
  6. Selanjutnya, Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi seleksi nasional masuk perguruan tinggi sesuai jalur seleksi yang dipilih. Proses sinkronisasi dengan sistem tersebut akan dilakukan kemudian dengan skema host-to-host.
  7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.
Read More:  Ini Dia Daftar Pinjol Legal Terbaru 2021, Cek di Sini!

Berdasarkan Informasi terbaru, pendaftaran akun KIP Kuliah 2021 masih dibuka hingga 31 Oktober 2021 makanya buruan mendaftar. Segala informasi mengenai program KIP Kuliah akan disampaikan melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Check Also

Ayoo..!!Memulai Bisnis Cryptocurrency

Mungkin bagi sebagian orang Cryptocurrency masih asing di telinga, namun dengan trend yang terus meningkat …